Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Profitabilitas dan Umur Perusahaan terhadap Underpricing Saham Pada Initial Public Offering Perusahaan di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Harga saham saat Initial Public Offering (IPO) pada umumnya dapat lebih rendah dibandingkan harga saham di pasar sekunder pada hari pertama perdagangan. Kondisi ini umum terjadi pada negara berkembang seperti Indonesia karena harga saham di pasar modal relatif berfluktuasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor, profitabilitas dan umur perusahaan terhadap underpricing saham pada IPO Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Sampel 137 perusahaan berdasarkan periode IPO tahun 2014 sampai 2018 dan mengalami underpricing. Hasil penelitian menunjukkan reputasi underwriter, reputasi auditor dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap underpricing saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia, sedangkan umur perusahaan tidak berpengaruh. Keempat faktor tersebut dapat memberikan penjelasan sebesar 21,8 persen terhadap underpricing saham.
Kata Kunci: Reputasi Underwriter, Auditor, Profitabilitas, Umur dan Underpricing.