Pengaruh Pajak, Profitabilitas, dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Fredy Andreas Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pajak, profitabilitas, dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang telah dikumpulkan yaitu 59 Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik analisis menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji multikolinearitas, uji regresi logistic, serta pengujian hipotesis menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukkan pajak berpengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing, profitabilitas berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, dan tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Perusahaan dengan beban pajak yang besar akan semakin berhati-hati dalam melakukan transfer pricing, perusahaan akan lebih memilih tax planning untuk meminimalkan beban pajak. Perusahaan dengan profitabilitas yang tinggi cenderung akan melakukan transfer pricing dengan harapan beban pajak perusahaan tidak terlalu tinggi. Pemegang saham mayoritas tidak dapat menggunakan hak kendalinya untuk memengaruhi perusahaan dalam melakukan transfer pricing yang dapat merugikan pemegang saham minoritas.

Kata Kunci: Pajak, Profitabilitas, Tunneling Incentive, Transfer Pricing.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles