Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, Leverage dan Profitabilitas terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, kualitas audit, leverage dan profitabilitas terhadap opini audit going concern pada sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian asosiatif dan sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dengan memfokuskan pada periode tahun 2013 sampai tahun 2017. Total populasi di dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan. Sedangkan sampel di dalam perusahaan ini berjumlah 33 perusahaan, sampel tersebut diambil berdasarkan kriteria IPO sebelum tahun 2013 dan perusahaan yang belum pernah delisting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, sedangkan kualitas audit, leverage dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap opini audit going concern.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, Leverage, Profitabilitas, Opini Going Concern.