Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Penjualan, dan Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Asep Suryono Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari setiap perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat diartikan sebagai kepercayaan investor atau masyarakat terhadap prestasi perusahaan dari awal perusahaan berdiri sampai dengan saat ini. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, di antara faktor-faktor ini penulis tertarik pada investment opportunity set, pertumbuhan penjualan dan return on asset. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh investment opportunity set, pertumbuhan penjualan dan return on asset terhadap nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan 2017 berjumlah 44 perushaan dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 perusahaan, berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Pengujian dengan permodelan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan IOS dan ROA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan pada nilai perusahaan sebesar 37,80 persen sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci: IOS, Pertumbuhan Penjualan, ROA, Nilai Perusahaan.

Downloads

Published

2022-10-04

Issue

Section

Articles