Pengaruh Diversifikasi, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diversifikasi, ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini hingga tahun 2017 berjumlah 153 Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan pada 105 sampel perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengujian dengan permodelan linear berganda. Tahapan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, persamaan regresi linear berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh. Kemampuan permodelan dalam menjelaskan perubahan nilai perusahaan yaitu sebesar 4,2 persen.
Kata Kunci: Diversifikasi, ukuran, leverage, nilai perusahaaan