Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Investment Opportunity Set terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Struktur modal pada perusahaan merupakan faktor penting yang merupakan perimbangan atau perbandingan antara jumlah utang dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan investment opportunity set terhadap struktur modal pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 33 perusahaan berdasarkan kriteria Initial Public Offering (IPO) sebelum tahun 2013. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan investment opportunity set berpengaruh positif terhadap struktur modal.
Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Investment OpportunitySet.