Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Keputusan Investasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, struktur modal, keputusan investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013 hingga tahun 2017. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 24 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumenter. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji F, serta uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan keputusan investasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Profitabilitas, Struktur Modal, Keputusan Investasi, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan