Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, dan Likuiditas terhadap Opini Going Concern Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik purposive sampling yang memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam penentuan sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari dua puluh tujuh perusahaan yang memiliki kiteria tertentu dari tiga puluh tujuh perusahaan dan data penelitian keseluruhan 135 data. Teknik analisis data dengan metode statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas berpengaruh terhadap opini going concern pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini going concern pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, solvabilitas tidak berpengaruh terhadap opini going concern pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan likuiditas berpengaruh terhadap opini going concern pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci: Opini Going Concern, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, dan Likuiditas.