Analisis Pengaruh Leverage, Aktivitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Firm Value Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leverage (DER), Aktivitas (TATO), dan Ukuran Perusahaan terhadap Firm Value (PBV) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat asosiatif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap firm value (PBV), sedangkan aktivitas (TATO) dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap firm value (PBV), serta memiliki hubungan yang kuat antara variabel bebas dan variabel terikat.
Kata Kunci: leverage, aktivitas, ukuran perusahaan dan firm value