Analisis Pengaruh Return On Equity, Current Ratio dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan return on equity, current ratio, dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah populasi penelitan ini sebanyak 45 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta uji hipotesis melalui uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa return on equity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan current ratio berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan investment opportunity set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: ROE, CR, Investment Opportunity Set dan Nilai Perusahaan.