Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Return On Assets terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, Return on assets terhadap struktur modal pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Populasi sebanyak delapan belas perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan dan return on assets tidak berpengaruh terhadap struktur modal.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Return On Assets, Struktur Modal.