Analisis Pengaruh Return On Asset, Investment Opportunity Set, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Investment Opportunity Set, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak empat puluh lima perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu puposive sampling dengan kriteria perusahaan yang telah melakukan Initial Public Offering (IPO) sebelum Tahun 2012 dan tidak pernah mengalami delisting selama periode penelitian, maka diperoleh sampel sebanyak dua puluh sembilan perusahaan. Penelitian dengan metode asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan data sekunder. Teknik analisis data dengan alat bantu berupa program Software Statistical Product and Service Solution version 22 (SPSS 22), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R), serta uji hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa return on asset, investment opportunity set, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci: Profitabilitas, Investment Opportunity Set, Growth, Value