Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Meryanty Meryanty Program Studi Akuntansi STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 38 perusahaan. Adapun kriteria pengambilan sampel yang ditetapkan adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang listing sebelum tahun 2012. Berdasarkan kriteria yang telah di tetapkan maka terdapat sampel sebanyak 32 perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles