Analisis Pengaruh Return on Equity, Growth dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Nilai perusahaan menunjukkan peningkatan kemakmuran pemegang saham apabila harga saham tersebut meningkat. Nilai perusahaan menjadi sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi investor terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on equity (ROE), growth dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah studi dokumenter. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 29 perusahaan. Pengolahan data menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21. Teknik analisis data dilakukan dengan, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukkan bahwa; (1) return on equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. (2) growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Return on Equity, Growth, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan