Analisis Pengaruh Underwriter Reputation, Profitability, Earning Per Share, dan Percentage of Public Offering terhadap Tingkat Underpricing Saham pada Perusahaan yang Melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh underwriter reputation, profitability, earning per share, dan percentage of public offering terhadap tingkat underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 88 perusahaan dari tahun 2012 s.d. 2016. Teknik analisis data menggunakan statisktik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel bebas terdapat dua variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat. Underwriter reputation dan earning per share berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing saham sedangkan return on equity dan percentage of public offering tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat underpricing saham. Variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 23,6 persen terhadap variabel terikat dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: underwriter reputation, return on equity, earning per share, percentage of public offering, underpricing