Pengaruh Ukuran Perusahaan, Net Working Capital, Pertumbuhan Penjualan dan Leverage terhadap Cash Holding pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, net working capital, pertumbuhan penjualan dan leverage terhadap cash holding pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk penelitan asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumenter. Teknik analisis data berupa analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, dan koefisien determinasi, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan dan cash holding tidak memiliki pengaruh, net working capital dan cash holding berpengaruh positif, pertumbuhan penjualan dan cash holding tidak memiliki pengaruh sedangkan leverage memiliki positif terhadap cash holding
Kata Kunci: ukuran perusahaan, net working capital, pertumbuhan penjualan, leverage, cash holding