Pengaruh Struktur Modal, Growth Opportunity, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara struktur modal, growth opportunity, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016, dimana sampel yang diambil adalah sebanyak dua belas perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan bantuan Software Statistical Product and Service Solution versi 22. Berdasarkan hasil analisis maka diketahui bahwa struktur modal dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: struktur modal, growth opportunity, profitabilitas dan nilai perusahaan.