Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Elvy Sianty Program Studi Akuntansi STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, struktur modal, dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. yang menjadi objek pada penelitian kali ini adalah sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria perusahaan yang telah IPO sebelum tahun 2012 Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan, struktur modal, dan intellectual capital berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah bagi para investor yang ingin membeli saham untuk menganalisis kondisi keuangan dengan menggunakan faktor seperti ukuran perusahaan, struktur modal, dan intellectual capital dalam mengukur nilai perusahaan. dan untuk peneliti selanjutnya, karena masih terdapat 67,60 persen faktor lain yang dijelaskan perubahan nilai perusahaan maka disarankan untuk mempertimbangkan faktor lain yang yang menjelaskan perubahan pada nilai perusahaan.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Intellectual Capital, dan Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2022-08-22

Issue

Section

Articles