Pengaruh Net Profit Margin, Current Ratio, dan Ukuran Perusahaan terhadap Return Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Net Profit Margin, Current Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap Return Saham pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012 s.d 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi asosiatif dalam bentuk hubungan kausal yang memiliki sifat hubungan sebab akibat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 31 perusahaan dari 40 perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis data berupa analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda dan koefisien determinasi, uji F dan uji t yang diolah menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa Net Profit Margin berpengaruh positif terhadap Return Saham. Sedangkan Current Ratio dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Return Saham.
Kata Kunci: Net Profit Margin, Current Ratio, Ukuran Perusahaan dan Return Saham.