Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah bentuk asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 37 perusahaan dengan sampel 31 perusahaan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Pengolahan data dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan leverage dan keputusan investasi tidak berpengaruh.
Kata Kunci: Ukuran, Leverage, Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan.