Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Bauran Produk, Dan Harga Kompetitif Terhadap Minat Beli Pelanggan Pada Swalayan Citra Niaga Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik lokasi, bauran produk, dan harga kompetitif terhadap minat beli pelanggan pada Swalayan Citra Niaga di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Swalayan Citra Niaga di Pontianak. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa daya tarik lokasi dan harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan. Sedangkan bauran produk tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli pelanggan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,309 yang menunjukkan kemampuan daya tarik lokasi, bauran produk, dan harga kompetitif, terhadap minat beli pelanggan sebesar 30,90 persen sedangkan sisanya sebesar 69,10 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.