Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Harga Kompetitif, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan Ringan Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab presentase pertumbuhan jumlah pemilik UMKM makanan ringan mengalamai penurunan. Bagaimanana pengaruh orientasi pelanggan, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran. Bentuk penelitian adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM makanan ringan. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling sejumlah 67 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi,regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian (uji F) menunjukan bahwa variabel orientasi pelanggan, harga kompetitif dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.
References
Fatonah, S., Haryono, T. & Sari, N.N.I. (2021). Peran Orientasi Pelanggan dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Rumah Makan di Kabupaten Sragen. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 5(1), 78-97.
Ferdinand, A.¬ (2020). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Hidayah, S.A & Apriliani, R.A.E.P. (2019) Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Jurnal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24-31.
Jasmani. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus PT Berkah Motor Wonosari). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, 5(2), 263-280.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2020). Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas jilid 1 (judul asli: Marketing Management). Diterjemahkan oleh Benyamin Molan.
Lapian, A.A., Massie, J. & Ogi, I. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada PT Bpr Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA, 4(1), 1330-1339.