Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Triton HDX Pada PT Gemilang Berlian Indah Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand image, kualitas produk, dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi Triton HDX pada PT Gemilang Berlian Indah di Pontianak. Penelitian ini berbentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisa yang digunakan adalah analisis linear berganda dan menggunakan skala rating yang diolah dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa kualitas produk, dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Mitsubishi Triton HDX. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk, dan daya tarik promosi PT Gemilang Berlian Indah maka dapat meningkatkan keputusan pembelian mobil Mitsubishi Triton HDX. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya perusahaan dapat memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang telah dikeluarkan. Selain itu, perusahaan juga dapat mempertimbangkan agar menyusun strategi untuk pilihan konsumsi bahan bakar bensin pada kendaraan Mitsubishi Triton dan strategi pemasaran dalam memberikan bonus tambahan dalam segi potongan harga sehingga konsumen dapat mengambil keputusan pembelian kendaraan Mitsubishi tertimbang produk kompetitor.
References
Farhat, L. & Marnas. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Properti (Studi Kasus pada Perumahan Citra Raya City Jambi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 364-371.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Hasan, Ali, (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.
Hidayat, A..T.D., & Prapti, L. (2019). The Influence of Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Furniture Purchase at PT. Jati City Furindo Jepara. Economics & Business Solutions Journal, 3(2), 67-80.
Irwan & Wibowo, E.A. (2021) Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis, 1(4), 609-624.
Jaiz Muhammad (2014). Dasar-Dasar Periklanan, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Fourth Edition. USA: Pearson Education.
Kotler, P. & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi ke-12. Jilid ke¬1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Keller. (2012). Marketing Management (Edisi ke-14). New Jersey: Prentice Hall.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Cakra Ilmu.
Malau, Harman (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana
Peter, J.P. & Jerry, C. Olson. (2005). Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih bahasa oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.