Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Digital Marketing, Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Bidang Kuliner Di Pontianak
Abstract
UMKM Bidang Kuliner di Pontianak mengalami penurunan jumlah usaha karena pandemi Covid-19 yang meningkat. Hal tersebut menjadikan para pelaku usaha tidak mampu bersaing dan akhirnya menutup bisnis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara hubungan variabel daya tarik produk, digital marketing dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang kuliner di Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM bidang kuliner di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 114 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS version 25. Penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik produk, digital marketing, dan harga kompetitif berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian (Uji F) dan (Uji T) menunjukan bahwa daya tarik produk, digital marketing, dan harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikasi terhadap kinerja pemasaran.
References
Fitriani, L.K. (2019). Analisis Modal Relasional, Kapabilitas Inovasi Produk dan Daya Tarik Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kreatif di Wilayah Tiga Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(10), 61-67.
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Hendar. (2019). Mediasi Daya Tarik Fashion dalam Hubungan Keinovasian Produk Dengan Kinerja Pemasaran. EKOBIS, 20(2), 30-47.
Hidayah, S.A & Apriliani, R.A.E.P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk. dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan ( Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24-31.
Hudha, N., dkk. (2022). Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran ( Survei pada UMK Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten). BALANCE : Economic, Business, Management, and Accounting Journal, 19(1), 70-80.
Irfanunnisa., Hartanty, T., & Ratnawati, A. (2013). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing. EKOBIS, 14(2), 72-89.
Lestari, E.R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.
Liesander, I & Dharmayanti D. (2017). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Cavital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima DI Jawa Timur. Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, 1-12.