Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Kinerja Layanan, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pengguna Jasa Perbankan Pada PT Bank Mega, Tbk. KCP Sambas
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris bagaimana variabel daya tarik produk, kinerja layanan, brand trust berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pengguna jasa perbankan pada PT. Bank Mega KCP Sambas. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang telah memenuhi batasan masalah dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 158 responden yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode deskriptif analis. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti, kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa variabel daya tarik produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian, variabel kinerja layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dan variabel brand trust berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, kinerja layanan, dan brand trust berpengaruh sebesar 74,7 persen terhadap keputusan menjadi nasabah.
References
Cahyo, R. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Smartphone Samsung Di FEB Universitas Islam Malang). E-jurnal RisetManajemen.
Ekawaty., Novian. 2020. Dampak Inovasi Produk dan Reputasi Merek terhadap Keputusan Menabung (Survei pada Nasabah bank Muamalat Karawang. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 7 No.1 Hal. 01-11.
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Kusnaningtyas, A. A. 2019. Pengaruh Produk dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. IAIN Ponorogo.
Malik, J. A. 2019. Pengaruh Produk, Promosi dan Service Exellence terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating (Studi Kasis pada BPRS Suriyah KC Salatiga). Tesis. IAIN Salatiga.
Marlius, D. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Nasabah dalam Menabung pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurmak Vol.03 No.01
Purnomo, S. 2018. Analisis Pengaruh Brand Image dan Corporate Branding Terhadap Brand Equity Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Operator Seluler Telkomsel Di Kota Semarang. Skripsi. Undip.