Pengaruh Daya Tarik Promosi, Daya Tarik Lokasi, Dan Keunggulan Layanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Borneo Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, daya tarik lokasi dan kenggulan layanan terhadap keputusan menginap Hotel Borneo Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Hotel Borneo Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel daya tarik promosi, daya tarik lokasi dan kenggulan layanan Hotel Borneo Pontianak yang diuji menggunakan uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menginap.
References
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Suyono, D., & Fathona, E.S. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Merencanakan, Mengelola, dan Membidik Pasar Jasa. Yogyakarta: PT Buku Seru.
Tasnim., Ansriasan, S., Martono, A.R.N.M., Rahman, T., Nina, M.Y.B.S., Sudung, S., Ovi, H.S.L.S., Bonaraja, P., Maya, S., dan Idah, K.D. (2021). Konumikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2011). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: C.V Andi.
Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Utami, C.W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Wood, I. (2009). Layanan Pelanggan: Cara Praktis, Murah, dan Inspiratif Memuaskan Pelanggan. Yogyakarta: Graha Ilmu.