Analisis Pengaruh Citra Lembaga, Bauran Produk Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Banuri Harapan Kita Kantor Pusat Di Kecamatan Batang Tarang Kabupaten Sanggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra lembaga, kinerja layanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Credit Union Banuri Harapan Kita di Batang Tarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 25. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,867 yang menunjukkan pengaruh citra lembaga, bauran produk dan daya tarik promosi terhadap minat menabung sebesar 87,00 persen.
References
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Nuraini, A. I. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang, 2252-6552.
Priansa, & Donni.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persainngan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Putri.Y. A¬. (2013). Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro. Eprints Undip.ac.id.
Rusyadi. (2017). Manajemen pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, A. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Simamora & Bilson. (2014). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.