Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Citra Merek Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Ayam Ciomas PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak

Authors

  • Petronela Napintasari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian Sosis Ayam Ciomas PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak. (2) Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Sosis Ayam Ciomas PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak. (3) Untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian Sosis Ayam Ciomas PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode penarikan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang kemudian Selanjutnya data tersebut diolah menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positive dan signifikan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian sosis ayam ciomas PT.Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak, namun di temukan tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, nilai pelanggan terhadap keputusan pembelia sosis ayam ciomas PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak. Penulis menyarankan kepada PT.Japfa Comfeed Indonesia Cabang Pontianak untuk menggunakan strategi pemasaran yang lain misalnya dengan menyediakan diskon penjualan sebagai metode pertama untuk menarik konsumen agar membeli produk, kemudian jika konsumen telah merasakan manfaat produk, maka konsumen akan melakukan pembelian ulang dan bahkan mengajak sanak kenalan untuk mencoba membeli produk dari perusahaan PT. Japfa Comfeed Indonesia. Pada penelitian ini diperoleh hasil penelitian bahwa variabel daya tarik promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan, tetapi untuk variabel citra merek dan nilai pelanggan memiliki pengaruh yang positif namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hidayah, S.A. & Apriliani, R.A.E.P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan. Journalof Economic, Business And Engineering, 1,(1), 24-31.

Ibrahim, H.M. & Sudaryanto,B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelia. Diponegoro Journal Of Management, 8,(4), 55-67.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALVABETA.

Tjiptono, F.Ph.D & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Bandar Sunway dan Bandung: CV.Andi Offset.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles