Analisis Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Spring Bed Merek Airland Pada PD Indo Furniture Di Pontianak

Authors

  • Anita Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kepercayaan merek, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap minat beli spring bed merek Airland pada PD Indo Furniture di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung PD Indo Furniture di Pontianak yang tidak diketahui jumlah pastinya dan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merek, kualitas produk, dan kualitas layanan memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel minat beli. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa kepercayaan merek tidak memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap minat beli. Sedangkan variabel kualitas produk dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sari, P.I.A. (2016). Studi Tentang Minat Beli Ulang Produk Tupperware di Kota Pekalongan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 15(2), 119-129.

Syahrizal & Setiawan, J. (2021). The Effect Of Service Quality and Product Quality On Purchase Decisions At UD Zelindriya Jaya, Economic and Accounting Journal. 4(3), 248-259.

Tjiptono, F. & Chandra. G. (2017). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi kompetitif, hingga e-Marketing, Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Weenas, J.R.S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, Jurnal EMBA, 1(4), 607-618.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, & Kano, Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles