Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Swalayan Citra Siantan Di Pontianak

Authors

  • Hariman Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, kualitas pelayanan dan suasana toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada Swalayan Citra Siantan di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat kuasalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat dan menggunakan pengukuran skala rentang (range scale). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan menyebarkan google form ke konsumen yang pernah berbelanja di swalayan tersebut yang berjumlah 100 orang responden. Analisis data menggunakan alat bantu Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, dan suasana toko terhadap keputusan pembelian. Penulis menyarankan kepada Manajer Swalayan Citra Siantan agar bisa menjaga dan mempertahankan word of mouth, kualitas pelayanan dan suasana toko agar kinerja perusahaan dapat terus ditingkatkan.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles