Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel mediasi. Objek penelitian adalah pada 21 Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 hingga 2020. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi ordinary least square. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan dividen mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Namun sebaliknya, tidak ditemukan peranannya pada pengujian profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Meskipun demikian, profitabilitas memiliki kemampuan penjelas pada perubahan nilai perusahaan.
References
Sony, B., & S. Bhaduri. (2018). Information Asymmetry and Debt–Equity Choice: Evidence from an Emerging Market, India. Review of Market Integration, 10(3), 1-25.
Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355-374.
Sudana, I Made. (2015). Teori dan Praktek Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Wicaksono, R., & Mispiyanti. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi. Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 396-411.
Wijaya, B.I., & I.B.P. Sedana. (2015). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(12), 4477-4500.
Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.