Analisis Pengaruh Kinerja Layanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan word of mouth terhadap keputusan menabung pada Kantor Pusat CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data berupa metode survei, dimana penulis membagikan kuesioner untuk pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kinerja layanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap variabel keputusan menabung. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kinerja layanan dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menabung. Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sebaiknya pihak Credit Union di Pontianak lebih meningkatkan kinerja layanan agar keputusan menabung anggota meningkat dengan cara agar karyawan credit union di Pontianak memberikan rasa empati sehingga dapat membantu meringankan kesulitan anggota, credit union di Pontianak harus word of mouth dengan memiliki informasi produk dan jasa yang anggota dapatkan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.