Analisis Inovasi Produk, Orientasi Pasar Melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, orientasi pasar melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 190 UMKM café & resto di Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Analisis data menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling) dengan software Amos 23. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran. Untuk pengaruh tidak langsung, penelitian menunjukkan bahwa keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan memediasi hubungan antara inovasi produk dengan kinerja pemasaran dengan nilai koefisien 0,176. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan memediasi hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja pemasaran dengan nilai koefisien 0,192.