Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menjual Produk Minyak Goreng Fortune Pada PT Wilmar Cahaya Indonesia, Tbk Di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti apakah terdapat pengaruh kualitas hubungan dan daya tarik promosi dalam memicu terjadinya peningkatan keputusan menjual minyak goreng Fortune pada PT Wilmar Cahaya Indonesia, Tbk di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan jenis eksplanatori berbentuk kausalitas. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjual minyak goreng Fortune yang berdomisili di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 125 responden dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisa yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi terhadap keputusan menjual. Penulis menyarankan kepada para pelaku usaha/ retailer minyak goreng merek Fortune di kota Pontianak untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan strategi dengan menjalin kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi yang dimiliki produk agar dapat meningkatkan keputusan menjual sehingga memperoleh hasil kinerja penjualan yang baik.