Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Restoran Dan Cafe Di Kota Pontianak

Authors

  • Crisan Jayadi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana hubungan variabel orientasi pelanggan,daya tarik produk,dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Restoran dan Cafe di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan menggunakan metode multivariate. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa orientasi pelanggan,daya tarik produk,dan keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Restoran dan Cafe di Kota Pontianak.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles