Pengaruh Daya Tarik Promosi, Keunggulan Bersaing, Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Cafe Dan Resto Di Pontianak
Abstract
UMKM Cafe dan Resto di Pontianak mengalami penurunan jumlah usaha karena pandemi Covid-19 yang meningkat. Hal tersebut menjadikan para pelaku usaha tidak mampu bersaing dan akhirnya menutup bisnis mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan daya tarik promosi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif dalam peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM sektor cafe dan resto di Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha cafe dan resto di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS version 25. Penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik promosi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian (uji F) dan (uji t) menunjukan bahwa daya tarik promosi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.