Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Aneka Makmur Sejahtera Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penjualan sepeda motor Yamaha mengalami penurunan terhadap keputusan pembelian pada PT. Aneka Makmur Sejahera Tanjung Pura. Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada semua sektor kehidupan dan ekonomi. Hal tersebut menjadikan perusahaan harus lebih menigkatkan kualitas produk, promosi dengan word of mouth dan presepsi tentang country of origin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas produk, word of mouth dan country of origin dalam meningkatkan keputusan pembelian sepeda motor pada PT. Aneka Makmur Sejahtera Tanjung Pura. Bentuk penelitian adalah bentuk penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di PT. Aneka Makmur Sejahtera Tanjung Pura di Kota Pontianak dengan jumlah sampel 120 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program computer yaitu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Berdasarkan hasil pengujian (uji F) dan (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, word of mouth dan country of origin berpengaruh terhadap keputusan pembelian.