Analisis Pengaruh Kinerja Inovasi Layanan Melalui Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan Dan Minuman Di Pontianak
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja inovasi layanan melalui daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak. Metode penelitian yang digunankan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pemilik gerai nasi goreng yang ada di kota pontianak dan terdapat pada aplikasi gojek. Analisis data menggunakan teknik skala likert (1-5) yang diolah menggunakan aplikasi ilmiah SPSS statistick versi 24. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja inovasi layanan dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja inovasi layanan terhadap daya tarik promosi sebagai peran mediasi.