Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lilin Sembahyang Pada PD Cipta Karya Nyata Di Punggur Kecil
Abstract
Perkembangan industri dan persaingan berpengaruh terhadap perubahan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sehingga diperlukan strategi yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan yang dituntut oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor apa saja yang berpengaruh terhadap penurunan kinerja penjualan. Pada penelitian ini faktor yang diteliti adalah variabel kualitas produk, brand trust, dan harga kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear yang diolah dan ditabulasi menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PD Cipta Karya Nyata yang pernah melakukan pembelian lilin sembahyang dengan jumlah sampel sebanyak 101 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan pada brand trust terhadap keputusan pembelian.