Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Kapabilitas Inovasi Pada UMKM Bidang Fashion Di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti apakah terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan dalam memicu terjadinya kinerja pemasaran melalui kapabilitas inovasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang fashion di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 110 responden berdasarkan teori analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bantuan software AMOS versi 23. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menggunakan uji reegression weight menunjukkan bahwa masing-masing variabel berhubungan secara positif dan signifikan. Hasil pengujian menggunakan Sobel Test menunjukkan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dan kapabilitas inovasi mampu memediasi orientasi kewirusahaan terhadap kinerja pemasaran baik secara langsung maupun tidak langsung.