Analisis Pengaruh Persepsi Harga Kompetitif, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Medan Kerang Hore Crab Pontianak

Authors

  • Cynthia Feby Rosari Irawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk membangun sebuah model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan persepsi harga kompetitif, kualitas makanan, dan store atmosphere dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada restoran Medan Kerang Hore Crab Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Restoran Medan Kerang Hore Crab yang tidak diketahui jumlah pastinya. Sampel ditentukan dengan teknik multivariate sebanyak 131 responden. Metode penarikan sampel adalah accidental sampling. Skala yang digunakan yaitu skala rating, dan pengolahan data menggunakan software SPSS Statistik 23 yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi , regresi linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa harga kompetitif, kualitas makanan, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat menambah jumlah variabel-variabel independen selain yang digunakan dalam penelitian ini, serta melakukan wawancara lebih dalam dengan responden, mengenai hal-hal yang diperlukan untuk mendukung penelitian.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles