Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Produk Inovatif Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, produk inovatif, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Makanan Ringan di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah teknik sensus yaitu semua populasi merupakan sampel penelitian. Jumlah sampel sebanyak sembilan puluh (90) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa nilai pelanggan, produk inovatif, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Makanan Ringan di Kota Pontianak.