Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Makanan Ringan Di Pontianak Dan Sekitarnya
Abstract
UMKM makanan ringan merupakan kegiatan usaha non-formal dengan jumlah pertumbuhnnya yang signifikant dan sangat mudah ditemui di sekitar, tumbuh pesatnya usaha makanan ringan ini dipengaruhi juga oleh modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini yang dapat dikatakan relatif terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan. 2. Untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan 3. Untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan, penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan purposive sampling dengan menggunakan skala rating dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orientasi kewirausahaan, daya tarik produk, dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran produk UMKM makanan ringan di Pontianak dan sekitarnya.