Pengaruh Nilai Pelanggan, Suasana Toko Dan Daya Tarik Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt Ekaric Dwiputra (Swalayan Citra Siantan) Pontianak
Abstract
Swalayan Citra Siantan merupakan salah satu Swalayan yang cukup ramai dikunjungi yang berlokasi di Pontianak. Swalayan Citra Siantan ramai dan sering dikunjungi di daerah Siantan Pontianak. Salah satu bukti bahwa perdagangan di Indonesia semakin berkembang adalah dengan semakin banyaknya pusat perbelanjaan. Perusahaan Ritel diharuskan untuk mampu memenuhi keinginan konsumen karena jika konsumen merasa tidak puas ataupun kebutuhannya tidak terpenuhi maka konsumen akan berpindah ke pesaing sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, suasana toko dan daya tarik produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung Swalayan Citra Siantan di Kota Pontianak dan jumlah sampel 110 responden multivariate dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 23. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, suasana toko dan daya tarik produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa nilai pelanggan, suasana toko dan daya tarik produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.