Pengaruh Profitabilitas Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan serta mengetahui kemampuan struktur modal dalam memoderasi pengaruh profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor Consumer Non-cyclicals yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2016 hingga 2020. Populasi pada penelitian ini berjumlah 92 perusahaan. Pengumpulan sampel dengan teknik purposive sampling dengan berjumlah 59 perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis moderated regression analysis (MRA). Hasil pengujian asumsi klasik dan simultan menunjukkan model regresi yang digunakan sudah tepat. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regesi moderasi menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Struktur modal tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan.