Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Nilai Pelanggan Dan Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah Menjadi Anggota CU Semarong Kantor Pusat Di Sosok

Authors

  • Yulianus Doyok Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh daya tarik produk, nilai pelanggan dan kualitas hubungan terhadap kepuasan nasabah menjadi anggota CU Semarong Kantor Pusat di Sosok. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah insidental sampling. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tabulasi data menggunakan skala rentang (rating scale) yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik produk, nilai pelanggan, dan kualitas hubungan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada CU Semarong Kantor Pusat di Sosok. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa daya tarik produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan kualitas hubungan juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa daya tarik produk, nilai pelanggan, dan kualitas hubungan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada CU Semarong Kantor Pusat di Sosok.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles