Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Lokasi Strategis Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel My Home Di Pontianak

Authors

  • Oviani Lestari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, lokasi strategis dan kinerja pelayanan terhadap keputusan menginap pada Hotel My Home di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan menurut Rumus Solvin. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa daya tarik promosi, lokasi strategis dan kinerja pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel My Home di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Hotel My Home adalah lebih meningkatkan daya tarik promosi, dapat lebih maksimal dalam menggunakan lokasi yang strategis dan meningkatkan kinerja pelayanan agar keputusan menginap dapat semakin meningkat.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles