Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Nilai Pelanggan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel orientasi pelanggan, nilai pelanggan dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Fashion di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) fashion di Kota Pontianak. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pelanggan, nilai pelanggan dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Saran yang dapat diberikan bagi pelaku usaha UMKM Fashion di kota Pontianak harus berani melakukan perubahan pada produk Fashion dengan meningkatkan kualitas dan model pakaian yang terbaru, menambah bahan pada produk yang sudah ada, dan meningkatkan pelayanan dengan baik kepada konsumen karena konsumen melihat pelayanannya yang bisa memberi rasa puas saat membeli. Selain itu pelaku usaha harus berani dalam mengambil keputusan untuk menghadapi risiko terhadap pesaing lain, serta selalu mencari informasi dan memanfaatkan peluang yang ada dan mampu membuat produk sesuai dengan keinginan konsumen serta mampu meningkatkan kinerja pemasarannya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Fashion di kota Pontianak.