Analisis Pengaruh Brand Trust, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Makanan Ringan Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Trust, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel brand trust, daya tarik produk dan keunggulan bersaing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa brand trust, daya tarik produk dan keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.