Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Fashion Di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM fashion di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pelanggan berpengaruh signifikan, Kualitas Hubungan berpengaruh singnifikan dan Keunggulan Produk berpengaruh signifikan yang diuji menggunkan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t terhadap Kinerja Pemasaran. Saran yang diberikan penulis adalah pelaku UMKM fashion harus memiliki kemampuan lebih dalam meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan dan Keunggulan Produk untuk meningkatkan skala prioritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis sehingga dapat memperkuat semua bentuk usaha fashion yang dijalankan serta bertujuan untuk menghasilkan Kinerja Pemasaran yang optimal.